5 Tanda Bahwa Kesehatan Mental-mu Terganggu

5 Tanda Bahwa Kesehatan Mental-mu Terganggu

5 Tanda Bahwa Kesehatan Mental-mu Terganggu

Belakangan ini banyak sekali berita yang menyatakan orang bunuh diri yang disebabkan oleh gangguan mental. Dari luar mungkin mereka terlihat biasa saja dan beraktivitas seperti biasa.

Namun, tidak ada yang tahu jika mereka ternyata sedang mengalami masalah dengan kondisi psikologisnya.

Kondisi ini bisa datang dari mana saja, seperti tekanan hidup, factor genetic, psikologis, dan lingkungan. Gangguan ini memang sulit dikenali.

Karena itu, penting bagi kita untuk bisa mengenal tanda-tanda gangguan mental agar bisa ditangani terlebih dahulu sebelum berlanjut lebih jauh.

Kenali Pertanda Bahwa Kesehatan Mental-mu Sedang Tidak Baik

Gangguan mental juga sering timbul dalam berbagai bentuk. Seringkali juga gejala yang dihasilkan mirip seperti gangguan mental lainnya.

Inilah mengapa gangguan mental sedikit susah didiagnosis. Berikut ini merupakan ciri-ciri orang dengan gangguan mental.

1.Merasa Sedih Terus menerus

Orang dengan penyakit gangguan mental seringkali terlihat sedih, stress, depresi, dan terus merenung. Hal ini juga biasanya terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

2.Ingin Bunuh Diri

Orang-orang dengan gangguan mental seringkali ditemukan bunuh diri. Hal ini dikarenakan psikologisnya yang sedang tidak sehat sehingga selalu berfikir negative.

Pikiran negative ini biasanya selalu berujung pada mengakhiri hidupnya karena dirasa sudah tidak kuat lagi menjalani hidup.

3.Menarik Diri

Mereka juga biasanya suka mengasingkan diri dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Mereka akan lebih sering menghabiskan waktu dengan menyendiri sambil melamun.

4.Sering Mendengar Bisikan-Bisikan

Hal ini juga sering terjadi. Mendengar bisikan-bisikan atau suara-suara yang tidak diketahui asalnya membuat pikiran mereka semakin teracuni.

Kondisi ini juga bisa dikenal sebagai halusinasi karena kerja otak yang sedang tidak baik saat itu,

5.Paranoid

Orang dengan gangguan mental seringkali mengalami paranoid atau rasa cemas yang berlebihan. Padahal, biasanya hal tersebut bukanlah hal yang perlu dicemaskan.

Namun, mereka akan mudah merasa panic dan takut akan hal tersebut.

Itulah 5 ciri-ciri umum yang biasanya dirasakan oleh orang dengan gangguan mental. Bila kalian menemukan ada orang terdekat yang menunjukkan satu dari 5 gejala tersebut, atau kalian sendiri yang merasakan gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *