MEMBERIKAN BANTUAN YANG TEPAT KEPADA TEMAN YANG SEDANG MENGALAMI DEPRESI, INI DIA CARANYA

MEMBERIKAN BANTUAN YANG TEPAT KEPADA TEMAN YANG SEDANG MENGALAMI DEPRESI, INI DIA CARANYA

Manusia memang tidak ada yang sempurna dan juga tidak ada yang bisa sempurna dalam mengatasi setiap permasalahan yang hadir di dalam hidupnya. Setiap orang dalam mengatasi permasalah yang datang kepada hidupnya itu dengan cara yang berbeda – beda. Tapi ada golongan orang yang tidak bisa untuk mengatasi permasalahan hidupnya sehingga bisa memberikan dapak yang buruk kepada dirinya yaitu stress atau depresi. Mendapati hal yang demikian bukanlah hal yang sulit. Bahkan tidak sedikit orang yang bisa terkena atau mengalami hal seperti ini. Bila stress atau depresi yang dialaminya masih ringan, sebisa mungkin untuk membantunya. Tetapi bila sudah tingkat berat bisa dicek ke orang yang ahli.

Rasanya iba dan khawatir bila hal tersebut terjadi kepada orang yang berada di sekeliling kita. Contohnya hal itu terjadi kepada teman kita, teman dekat kita. Rasa ingin membantu tentunya ada, tetapi kamu bingung harus melakukan hal seperti untuk bisa membantunya dengan tepat. Jangan sampai nantinya bantuan yang kamu berikan malah memperburuk keadaanya. Sebelum melakukannya kamu harus tenang terlebih dahulu, karena bisa gawat kalau kamu ikut dengann alur dari teman kamu. Karena terlalu keras dalam berfikir bagaimana caranya untuk membantu, ini menjadi boomerang pada diri sendiri tentunya. Sebelum melakukannya kamu perlu untuk mencari tahu dulu apa yang benar dan salah untuk dilakukan dalam memberikan bantuan kepada teman kamu. Simak cara – cara ini yang akan memberikan bantuan kepada kamu dalam membantu teman kamu atau siapapun yang sedang mengalami stress atau depresi.

1.Mencari Tahu Terlebih Dahulu

MEMBERIKAN BANTUAN YANG TEPAT KEPADA TEMAN YANG SEDANG MENGALAMI DEPRESI, INI DIA CARANYA

Ketahui apa yang sebetulnya terjadi terhadap teman kamu, tanda – tanda yang dia tunjukan apakah benar sedang berada dalam depresi atau tidak. Bila memang teman kamu sedang mengalam masa stress juga depresi, cari tahu dahulu masalah apa yang sebenarnya sedang terjadi dan sedang teman kamu hadapi.

Cara ini menjadi cara awal yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa menjadi orang yang bisa mengerti kondisi dan permasalahan yang sedang dihadapinya. Mungkin kamu tidak memberikan bantuan yang terlalu lebih seperti menghilangkan depresinya. Tetapi setidaknya bisa membuatnya menjadi lebih tenang dan tidak merasa kalau dia sendirian di dunia ini. Jadi kamu bisa mengatur kondisi yang akan teman dan kamu hadapi.

2.Datang dan Dengarkan

Datang dan Dengarkan

Disaat kamu tidak menemukan apa masalah yang sebetulnya sedang dihadapi oleh teman kamu. Tidak perlu bingung, karena kamu tetap bisa membantunya dengan cara kamu datang untuk menemaninya dan mendengarkannya. Biasanya orang yang depresi itu karena mereka tidak memiliki orang untuk bisa diajak berbicara, sehingga mereka cenderung menyimpan segala sesuatunya sendiri.

Jadi kamu bisa menjadi pendengar yang baik, meskipun kamu tidak tahu apa yang sebetulnya terjadi. Tapi kamu dapat melakukannya dengan hanya mendengarkan. Teman kamu pasti akan merasa lebih baik setelah itu.

3.Jangan Memperlakukan Mereka Berbeda Dengan yang Lain

Jangan Memperlakukan Mereka Berbeda Dengan yang Lain

Bukan karena teman kamu sedang berada dibawah tekanan, kamu memperlakukannya dengan beda dengan teman – teman kamu yang lain. Justru teman yang sedang depresi harus dirangkul, kamu ajak dia bermain, tetap berbicara tentang segala hal seperti biasanya. Sehingga dia bisa merasakan bahwa ternyata hidupnya itu menyangkan dan memberikan rasa yang lebih aman dan tenang.

Sekian cara untuk membantu teman yang sedang mengalami depresi, kamu bisa mengikuti cara – cara yang ada diatas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *