Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Untuk Menghindari Stress

Siapa sih yang mau terkena penyakit? Tentu setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang sehat kita harus pintar-pintar menjaganya.

Menjaga tubuh tetap sehat juga akan mengurangi kemungkinan stress yang akan terjadi pada diri kita. Sayangnya, belum banyak orang yang mengerti hal ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, untuk memudahkan kalian, di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa kalian lakukan.

1.Makan Sayuran

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang bisa membantu kalian menjaga diet tetap seimbang serta mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Memakan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

2.Kosumsi Vitamin D

Kurang vitamin D dalam tubuh akan menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D yang baik antara lain hati sapi, telur, ikan tuna, ikan salmon, dan jamur.

Kalian juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

3.Olahraga Rutin

Dengan aktif berolahraga secara rutin tentu saja akan membuat tubuh kalian lebih bugar dan langsing. Kalian bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Penelitian juga membuktikan bahwa olahraga teratur bisa mencegah peradangan dan penyakit kronis, mempercepat peredaran sel darah putih, serta mengurangi stress.

4.Minum Teh Hijau

The hijau memiliki manfaat kesehatan yang baik karena memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Kandungan ini bisa menurunkan tekanan darah seta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5.Tidur Cukup

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu kunci kekebalan tubuh yang kuat. Orang yang tidur minimal 8 jam setiap malam selama dua minggu akan menunjukkan kekebalan tubuh yang kuat dari serangan virus dan kuman bakteri.

Sementara orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Hal ini disebabkan oleh Sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6.Kelola Stress Dengan Baik

Stress terbukti bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat orang lebih mudah terserang penyakit.

Kortisol akan membantu melawan peadangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis ternyata dapat mengurangi kemampuan hormon tersebut.

Hal ini bisa mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan terhadap penyakit. Jadi, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat adalah dengan mengendalikan stress.

Kalian bisa mencoba melakukan latihan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stress.

7.Bersosialisasi

Rasa kesepian seringkali dikaitkan sebagai pemicu dari beberapa penyakit, terutama pada orang yang baru sembuh dari operasi jantung.

Penelitian menunjukan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, yang memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat.

Itulah 7 tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak cepat stress. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *