Hubungan Kesehatan Mental dan Kesehatan Fisik Yang Harus Kamu Perhatikan

Tubuh dapat dibilang benar-benar sehat jika kita menjaga kesehatan dan mental sekaligus, karena keduanya saling berhubungan.

Kesehatan fisik yang buruk dapat meningkatkan risiko terganggunya kesehatan mental. Sebaliknya, kesehatan mental yang buruk dapat mengakibatkan menurunnya kesehatan fisik kita.

Kesehatan Mental dan Fisik Yang Sama Pentingnya

Menurut Charles Goodstein, MD, seorang profesor psikiater klinis dari New York University’s Langone School of Medicine, otak kita memiliki hubungan yang erat dengan sistem endokrin yang bekerja sebagai pelepas hormone.

Hormone ini berpengaruh pada kesehatan mental kita. Pikiran dan perasaan kita dapat mempengaruhi hormone yang dilepaskan dari sistem endokrin yang kemudian akan mempengaruhi sistem kerja organ tubuh kita.

Ia juga mengatakan bahwa seringkali pasien datang ke dokter dengan keluhan pusing, letih, dan gangguan di perut.

Ternyata, penyebabnya adalah depresi, walau si pasien tidak secara terang-terangan merasa depresi.

Lalu, apa sih contoh pengaruh kesehatan mental terhadap kesehatan fisik?

Misalnya depresi, depresi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Kemungkinannya adalah karena depresi akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang berkaitan dengan depresi juga dapat meningkatkan  risiko terkena penyakit.

Misalnya seperti kurang aktivitas fisik dan menurunnya nafsu makan yang tentu saja akan mengurangi kesehatan tubuh.

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental atau sudah di diagnose mengalami depresi biasanya mengalami susah tidur, merasa mudah letih, konstipasi, tidak nafsu makan. Hal ini tentunya akan memberi dampak pada kesehatan fisik kita yang lainnya.

Selain itu, orang yang mengalami kecemasan, atau anxiety berisiko mengalami gangguan fisik yang berkaitan dengan tekanan darah. Umumnya adalah tekanan darah tinggi.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

1.Berolahraga

Selain dapat menjaga kesehatan fisik kita, olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan mental kita.

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga akan melepaskan hormone endorphin yang akan membuat kita merasa senang.

Kalian juga tak perlu berolahraga terlalu lama. Cukup jalan pagi selama 1-15 menit saja sudah cukup untuk meningkatkan energy dan membuat mood kita menjadi positif.

Jika kalian tak sempat berolahraga, yang penting kalian banyak melakukan aktivitas fisik.

2.Menjaga Pola Makan Sehat

Nutrisi dibutuhkan untuk mendukung kesehatan fisik dan mental kita.  Terapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi protein, lemak esensial, karbohidrat kompleks, vitamin, mineral atau air putih dalam jumlah yang cukup.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, fisik dan pikiran kita juga akan terasa lebih sehat dan tidak memicu sesuatu yang negative.

3.Tidur Yang Cukup

Kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan jantung, meningkatkan berat badan, dan tentu saja bisa mempengaruhi mood kita yang akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental kita.

4.Lakukan Pemeriksaan Rutin

Dalam hal ini bukan hanya untuk memantau kesehatan fisik kita namun juga kesehatan mental. Jadi, jika kalian merasa mengalami gangguan secara mental atau emosional, jangan pernah ragu untu bertemu dan berdiskusi dengan ahlinya.

Selain itu, luangkan juga waktu untuk berlibur atau sekedar bertemu dan berkumpul dengan teman-teman terdekat kalian.

Selalu beranikan diri untuk bisa lebih terbuka dan berbicara atau curhat kepada orang terdekat.  Karena, secara tidak langsung, dengan curhat kita akan bisa merasa  lebih tenang sehingga tidak memicu stress.

Semoga kalian juga selalu berada dalam kondisi yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *