Mental breakdown atau yang sering disebut dengan nervous breakdown merupakan kondisi stress berat yang menimpa seseorang hingga ia tidak bisa menjalankan fungsi normalnya sebagai manusia.

Istilah ini sebenarnya sudah tidak lagi digunakan di dunia medis karena dirasa kurang spesifik. Dulunya, istilah ini memng digunakan untuk penyakit mental.

Penyakit itu antara lain depresi, gangguan kecemasa, atau stress akut. Namun sekarang, istilah ini lebih sering digunakan secara awam untuk menggambarkan kondisi seseorang yang sedang merasakan gejala stress secara intens hingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Ciri-Ciri Mental Breakdown

Mental breakdown bukannlah bagian dari penyakit mental yang spesifik, maka orang yang mengalaminya pin biasanya tidak memiliki gejala yang terlalu spesifik selain kesulitan berkegiatan sehari-hari.

Meski begitu, beberapa kondisi ini bisa dilhat sebagai tanda seseorang sedang mengalami mental breakdown:

1.Mengalami Gejala Gangguan Kecemasan dan Depresi

Orang yang mengalami mental breakdown, biasanya tidak akan terlihat jauh berbeda dengan penderita gangguan kecemasan atau depresi.

Saat hal ini terjadi, kamu mungkin akan merasa ingin terus menangis atau bahkan menangis secara tiba-tiba tanpa pemicu yang jelas dan tak bisa berhenti.

Beberapa orang lainnya juga dapat merasakan rasa percaya diri nya turun drastic dan merasa mereka tidak berharga.

Mengalami hal ini juga memicu penderitanya merasa bersalah terhadap segala hal yang terjadi dalam hidupnya.

2.Tidur Terus Menerus Atau Tidak Tidur Sama Sekali

Perubahan pola tidur yang drastic juga perlu di perhatikan sebagai ciri mental breakdown. Orang yang sedang mengalami hal ini bisa saja tidur terus menerus hingga tidak ingin masuk kerja atau sekolah.

Sebaliknya, kondisi yang sama juga bisa menyebabkan insomnia. Mereka akan kesulitan tidur. Sebab, otak mereka tidak bisa rileks dan terus menerus memikirkan masalah yang sedang dialami tanpa mendapat solusi.

3.Selalu Merasa Lelah

Lelah yang dimaksud disini bukanlah rasa lelah biasa yang bisa mampir pada setiap orang. Rasa lelah yang terjadi saat mental breakdown biasanya terasa sangat berat dan membuat kamu benar-benar tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Bahkan, hal yang biasanya kamu anggap menyenangkan akan terasa melelahkan saat dilakukan sehingga kehilangan daya Tarik.

4.Perubahan Nafsu Makan

Sama seperti pola tidur, perubahan pola makan secara drastic juga bisa terjadi pada orang yang sedang mengalami hal ini. Nafsu makan bisa menurun secara drastic atau sebaliknya, meningkat sangat tajam.

5.Merasakan Sakit Secara Fisik

Meski adal gangguan awalnya dari psikis, namun hal ini bisa merembet ke gangguan fisik dan memicu berbagai penyakit seperti sakit kepala dan sakit perut.

Sakit fisik ini biasanya akan datang secara tiba-tiba dan tidak diketahui asalnya.

6.Sulit Fokus

Saat mengalami mental breakdown, kamu akan terlihat linglung dan sulit focus. Seolah-olah otak sedang berkabut dan tak bisa berpikir jernih. Pada beberapa kasus hal ini bisa menyebabkan disorientasi dan hilang ingatan sementara.

7.Sesak Napas

Sesak napas merupakan ciri dari banyak gangguan mental terutama gangguan kecemasan. Selain sesak napas, napas yang tersenggal-senggal secara tiba-tiba juga bisa menandakan kamu sedang mengalami mental breakdown.

Agar kondisi ini bisa diatasi, kalian bisa berkonsultasi ke dokter, menjalani terapi kognitif atau berkonsultasi dengan psikiater, menjalani terapi alternative seperti yoga, mengurangi konsumsi alcohol dan kafein, dan mencoba cara-cara untuk bisa tidur dengan tenang.

Kenali Ciri Mental Breakdown dan Cara Menanggulanginya

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *