Dalam kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh manusia, ada dua bentuk kondisi yang harusnya diperhatikan yaitu kesehatan rihani dan kesehatan jasmani.

Kesehatan jasmani berkaitan dengan kondisi fisik manusia sedangkan kesehatan rohani berkaitan dengan kondisi psikisnya.

Kedua hal tersebut juga memiliki kondisi yang disebut dengan gangguan kesehatan baik itu gangguan kesehatan pada fisik seseorang maupun gangguan kesehatan terhadapt psikologis seseorang.

Perbedaan Mental Illness dan Mental Disorder

Ada  dua bentuk gangguan psikologis yang sering didengar yaitu mental illness dan mental disorder sebagai bagian dari macam-macam gangguan jiwa.

Kedua bentukgangguan mental seseorang tersebut kerap disalah artikan sebagai keadaan yang sama namun seharusnya ada perbedaan dari dua gangguan tersebut.

Agar lebih paham, yuk simak penjelasan mengenai perbedaan mental illness dan mental disorder dibawah ini.

1.Definisi

Secara definisi, mental illness adalah kumpulan dari beberapa penyakit dan gangguan kejiwaan yang dapat memberikan pengaruh pada pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang.

Sedangkan definisi untuk mental disorder atau yang juga disebut sebagai kondisi kelainan jiwa menurut wikipedia adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan jiwa yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia.

2.Mental illness merupakan bagian dari mental disorder

Mental illness merupakan bagian dari mental disorder atau gangguan jiwa yang perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi penderitanya.

Mental illness merupakan gangguan jiwa atau mental yang bisa dikatakan paling berbahaya. Kondisi mental illness dapat disebabkan oleh beberapa keadaan.

Seperti kondisi depresi yang berkepanjangan, stress, tekanan yang dalam terhadap kesehatan mental, hingga sikap traumatik akan kehilangan sesuatu atau seseorang.

3.Mental Illness Banyak Terjadi Pada Remaja

Sebagian bagian dari mental disorder atau gangguan jiwa dan mental ternyata lebih banyak dialami oleh remaja dibandingkan orang tua.

Gejala gangguan mental pada remaja ini diperkirakan karena kedewasaan psikologis yang belum terlalu baik pada saat remaja dan tingginya resiko mengalami depresi akibat tekanan aktivitas sekolah atau mungkin bentuk pendidikan lainnya serta tekanan dalam pergaulan termasuk percintaan.

Kondisi gangguan kejiwaan lainnya dapat terjadi pada usia yang berbeda bahkan seseorang yang mengalami gangguan jiwa atau mental illness bisa dialami sejak kecil.

4.Gangguan Kejiwaan Psikotik Pada Mental Illness

Gangguan kejiwaan atau mental disorder ternyata dapat disebabkan karena pengaruh tekanan pada psikologis dank arena pengaruh non psikologis terutama yang menyerang bagian otak.

Kondisi gangguan mental yang disebut mental illness merupakan gangguan kejiwaan yang disebabkan karena penyebab psikotik karena adanya tekanan pada kondisi psikologis seseorang dan tidak disebabkan karena penyakit non psikotik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan mental illness dan mental disorder yang perlu kalian pahami dengan baik.

Kedua hal ini merupakan kondisi gangguan pada psikologis yang sebenarnya saling berhubungan dimana mental illness merupakan bagian dari kondisi gangguan mental atau mental disorder.

Hal ini dalam klasifikasi gangguan mental disebabkan oleh karena penyebab psikotik. Gangguan psikologi seperti ini membutuhkan terapi untuk kesehatan mental.

Jika kalian sudah merasa sedang mengalami tanda-tanda mental disorder maupun mental illness, ada baiknya kalian pergi ke psikolog dan menjalani terapi.

Atau, luangkan waktu bersama teman atau keluarga untuk melupakan sejenak masalah yang kalian alami. Dengan bercerita, kalian juga bisa sedikit melepaskan beban pikiran kalian.

Perbedaan Mental Illness dan Mental Disorder Yang Perlu Kamu Tahu

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *