Personality Disorder

Mengenal Lebih Dalam Personality Disorder : Pengertian , Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Personality Disorder atau gangguan kepribadian adalah sebuah gangguan mental yang membuat para pengidapnya memiliki pola pikir, perilaku, serta perasaan yang tidak sehat. Penderita gangguan kepribadian umumnya memiliki perilaku yang menyimpang dari orang normal pada umumnya.

Mereka akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain dan memahami situasi tertentu. Hal ini yang akhirnya membuat mereka mengalami masalah dan keterbatasan dalam membangun hubungan serta menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan, sekolah, hingga aktivitas sosial.

Kondisi terburuknya , mereka tidak bisa membedakan mana tindakan yang dianggap normal ataupun tidak. Selain itu mereka cenderung akan menyalahkan orang lain atas masalah ataupun situasi yang sedang dihadapinya.

Gejala Personality Disorder

Dilansir dari Mayo Clinic , penderita gangguan kepribadian umumnya memiliki satu https://klikwin88.online/ atau lebih gejala yang mengacu ke gangguan kepribadian lainnya. Adapun gejala itu adalah sebagai berikut :

  • Senantiasa diliputi perasaan negatif, seperti stres, gelisah, perasaan tidak berharga, atau amarah.
  • Kerap mnghindari orang lain, tidak percaya pada orang lain, merasa hampa, dan tidak terhubung secara emosional.
  • Sulit mengendalikan perasaan dan perilaku yang negatif.
  • Sering tidak mampu menjaga hubungan yang stabil dan dekat dengan orang lain, termasuk keluarga dan teman.
  • Kadang kehilangan kontak dengan realita.

Seseorang yang mengalami gangguan mental ini biasanya akan mengalami masalah kesehatan mental lainnya seperti depresi ataupun penyalahgunaan zat alias kecanduan.

Penyebab Personality Disorder

Sebenarnya gangguan mental seperti ini masih belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun para ahli mengatakan jika gangguan kepribadian bisa dipicu oleh beberapa faktor , diantara lain :

  • Gnetik yang diturunkan dari keluarga. Ini karena beberapa elemen kepribadian juga cenderung bersifat genetik atau diwariskan dari orangtua.
  • Lingkungan dan keadaan sosial, seperti kehidupan keluarga yang tidak stabil atau kacau (orang tua yang alkoholisme atau memiliki masalah mental) atau trauma masa kecil (seperti pelecehan).
  • Faktor biologis. Beberapa peneliti mempercayai bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh kelainan struktur atau ketidakseimbangan zat kimia di otak.

Cara Mengobati Personality Disorder

Pengobatan atau perawatan gangguan kepribadian biasanya memakan waktu yang cukup lama , mulai dari berbulan bulan hingga tahunan. Perawatan yang diberikan juga tergantung pada jenis gangguan kepribadian apa yang dialami oleh si penderita. Namun pendekatan kelompok menjadi hal yang sangat penting dan dipercaya mampu mempercepat proses pengobatannya.

Pendekatan kelompok yang kami maksud adalah dokter atau perawat utama, seperti psikiater, psikolog atau terapis lainnya, perawatan psikiatris, apoteker, atau pekerja sosial. Jika si penderita masih mengalami gejala yang ringan , mereka bisa menggunakan perawatan dari dokter serta seorang psikiater atau terapis lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan yang dilakukan untuk penderita Personality Disorder :

Psikoterapi

Psikoterapi adalah serangkaian prosedur penanganan gangguan psikologis atau mental tanpa menggunakan obat-obatan. Dalam terapi ini si penderita akan membicarakan kondisi yang tengah mereka alami , termasuk perasaan dan pemikiran. Setelahnya psikiater akan memberika solusi yang bisa mengontrol gejala dan tingkah laku yang mengganggu keseharian si penderita.

Beberapa tipe psikioterapi yang sering digunakan untuk gangguan mental ini diantaranya adalah terapi perilaku kognitif (cognitive behavioral therapy/CBT), terapi tingkah laku dialektikal, psychoanalytic atau psychodynamic therapy, dan lainnya.

Program Rawat Inap

Program Rawat Inap di rumah sakit jiwa sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita gangguan kepribadian yang cukup parah. Kondisi parah yang dimaksud adalah ketika si penderita sudah tidak lagi bisa merawat dirinya sendiri sehingga akan membahayakan dirinya atau orang disekitarnya. Jika kondisi si penderita sudah cukup stabil , dokter mungkin akan memberikan rekomendasi program rawat jalan.

Obat Obatan

Hingga saat ini tidak ada obat obatan khusus yang bisa menyembuhkan gangguan kepribadian. Namun ada beberapa obat yang bisa membantu mengontrol gejala, seperti:

  • Antidepresan, yang dapat mengatasi depresi, kemarahan, atau impulsivitas.
  • Penstabil mood, yang mencegah mood swing dan mengurangi kekesalan dan keagresifan.
  • Obat antipsikotik, juga dikenal sebagai neuroleptik, yang dapat membantu orang yang kehilangan kesadaran dengan kenyataan.
  • Obat anticemas, yang membantu meringankan kegelisahan, kecemasan, dan insomnia.